Teryata Ada 4 Gaya Belajar, Temukan! AndaTermasuk yang Mana?


 4 Gaya Belajar, Anda Termasuk yang Mana?

Pernahkan Anda sadari. Saat Anda sekolah dulu. ketika sedang melihat hasil ujian dari guru, ada beberapa teman yang mendapatkan nilai tinggi dan ada yang mendapatkan nilai sangat rendah.
Menariknya, Sebagian orang belajar dengan sangat santai atau bahkan seperti tidak belajar, Justru Mendapatkan hasil terbaik baik.
 
Kenapa demikian? Apa yang sebenarnya terjadi?

Tauhkan Anda Ada banyak macam gaya belajar?. Sebagian kita terkadang fokus dengan menggunakan gaya yang sama secara berulang. Atau ada juga sebagian orangtua yang memaksakan satu gaya belajar saja kepada anak atau muridanya. Karena menganggap metode itu sangat efekit bagi dirinya. Yaa. Padahal itu hanya dirinya
 
Kita perlu memberikan pemahaman kepada banyak orang, terutama pada diri sendiri yang kadang terlupa.Perhatikan baik-baik, Bahwa setiap individu membutuhkan pembelajaran yang hampir sama, namun memiliki cara belajar yang sangat berbeda. Makanya tidak jarang kita temui banyak orang yang selalu gagal padahal sudah belajar mati-matian. Akibatnya ia menyerah dan menggangap dirinya bodoh. 
 
Pahamilah, Sangat penting bagi kita mengetahui cara belajar, baik cara belajar kita, anak atau bahkan murid-murid kita. Dengan maksud, untuk tidak memaksa mereka dengan satu metode. Dan lebih memaksimalkan kemampuan belajar mereka dalam menyerap informasi dan pelajaran.

Dan tentu setelah kita mengetahui tipe-tipe belajar yang akan diulas pada tulisan kali ini, bahwa tiap orang sebenarnya memiliki beragam gaya belajar dalam kondisi dan wakktu tertenu. Kita tidak perlu men-judget bahwa diri kita atau anak kita termasuk orang yang bodoh dan lamban dalam belajar.
 
Jika Sebelumnya anda memahami bahwa gaya belajar hanya  3 (tiga),  Auditori, Kinsestetaik dan Visual, tentu sangat disayangkan. Kali ini saya akan menjelaskan satu lagi gaya belajar yang jarang di paparkan karena banyak yang belum mengetahuinya. Ingat kita akan mempelajari gaya belajar-tidak sub modalitas. Baiklah Kita akan mulai dari auditori


Auditori


Apakah Anda atau anak anda cepat dalam memahami instruksi?

Apakah juga tipe pembicara yang baik?

Apabila Anda mengerjakan suatu hal, maka akan cenderung melafalkan apa yang dikerjakan atau menggungkapkan perasaan ketika sedang bekerja?

Lebih suka belajar dengan mengeraskan suara? Jika Anda menjawa Yaaa maka,

Kemungkinaan besar anda atau anak anda memiliki tipe pembelajar auditori. Tipe auditori sangat efektif jika pembelajaran disajikan dengan menggunakan instruksi. Biasanya mereka dengan mudah mampu mendengarkan lalu kemudian mencerna fakta dalam fikiranya. Bahkan dalam beberapa kasus mereka cenderung memverbalkan suatu pemahaman dalam suatu konsep yang memudahkan mereka untuk memahamninya.
Pembelajar dengan tipe ini memiliki potensi untuk menjadia pembicara yang baik, menguasai banyak bahasa, menjadi mediator atau bahkan ahli dalam seni irama.


Visual?

Apakah anda suka mengingat gambaran suatu peristiwa?

Dapatkah anda atau sang buah hati menyebutkan bagian terfavorite dari filem, di berbagai adegan yang berbeda?

Apakah Anda suka menggambar dan bermain puzzle/labirin?

Apakah Anda termasuk orang yang suka menghayal?

Jika Anda atau sang buah hati, lebih suka mengkhayalkan suatu hal dibandingkan mendengarkan orang lain berbicara. Besar kemungkinaan anda tipe orang dengan pembelajaran Visual. Tipe ini
Sangat gemar menggambar walau terkadang gambarnya tidak terlalu bagus. Suka membaca buku bergambar dan dan buku dengan tulisan. 

Anda bisa melatih kemampuan ini, dengan memvisualisasikan pembelajaran sepert sebuah cerita dengan membuatnya seperti adegan dalam filem-filem. Hal ini sangat menarik bagi mereka dengan tipe visual. Sangat memudahkan mereka memahami dan menjelaskan konsep dari sebuah ide.

Kinestetik



Apakah anda atau anak anda sangat aktif dan sulit untuk duduk tenang dalam waktu yang lama?

Apakah anda banyak belajar dengan memperaktekan dengan gerakan fisik?

Atau kerap menggunakan bahasa tubuh untuk membuat suatu isyarat? 

Mungin juga lebih sering menunjukan barang dibanding harus menjelasakkanya?

Jika Iaa. besar kemungkinaan anda atau anak anda memiliki tipe pembelajaran kinsestetik. Aktifitas tubuh merupakan modal utama mereka denga pembelajaran tipe ini. Tipe Kinestetik cenderung terlibat langsung dalam proses pembelajaraan. Bagi tipe pembelajaran kinestetik mencoontohkan atau menunjukan secara langsung lebih baik darii pada harus menceritakkanya.

Dalam belajar, anak-anak kita dapat kita ajari  dengan praktek secara langsung, seperti belajar menghitung dengan naik dan turun tangga, sambil menari dan hal-hal yang melibatkan aktivitas tubuh.
Pembelajar kinestetik menyukai aktivitas yang mendorong mereka untuk berpikir dan menganalisa secara aktif. Terlahir dengan daya kreatif yang tinggi dan berbakat pada bidang olah raga. Sayangnya mereka kerap dianggap HYPERAKTIVE. Jika hal ini terjadi jangan paksakan untuk menjadi “ terlihat normal”. Persiapkan dirinya untuk berpikir kreatif bahkan diluar batas yang ada

Logika

Apakah anda atau anak anda suka menentukan cara keraa suatu benda?

Atau menyukai pola-pola dan menghubungkan antar objek?

Kerap bertanya dengan kalimat “mengapa”?

Sangat menyukai permainan strategi atau matematika?  Jika semua ini tepat:
  
Besar kemungkinaan anda atau anak anda memiliki tipe pembelajaran LOGIKA. Dorong mereka untuk terus belajar aktif, terutama melakukan pembelajaran dengan percobaan-percobaan sains. Kembangkan rasa ingin tahunya dan dorong ia untuk mempertahankan suatu hipotesa atau asumsi, untuk kemudian dibuktikan kebenaranya.
Jangan memberikan jawaban secara langsung , apalagi praktis. Biarkan ia menemukan jawabanya sendiri, karena ia akan sangat tertantang dengan hal tersebut.

Dengan mengetahui pola belajar ini bukan berarti kita harus menerapkan seutuhny tipe tersebut pada kita maupun anak kita. Diperlukan modifikasi dan kreatifitas dalam memfariasikan pembelajaran. Perlu diketahui juga untuk tidak memaksakan satu pola saja, karena kita terlahir dengan pola-pola tersebut. Hanya terkadang ada pola akan lebih dominan, menyesuiakan dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu.

0 Response to "Teryata Ada 4 Gaya Belajar, Temukan! AndaTermasuk yang Mana?"

Posting Komentar